Rabu, 16 September 2015

Geografi Thailand :)

 Negara Thailand terletak di pusat Asia Tenggara, Thailand benar-benar di jantung daerah. Jika dilihat dari atas peta Thailand akan terlihat seperti sebuah negara membentuk bentuk kasar dari kepala gajah: kepala dan telinga membentuk provinsi-provinsi utara dan timur sebagian besar belalai dan gading merupakan daratan yang memanjang dibagian bawah semenanjung Malaysia antara Laut Andaman dan Teluk Thailand .

Secara Geografi Thailand memiliki banyak perbatasan alami dengan negara tetangga,yaitu:
a perbatasan dengan Myanmar (Burma) ke utara dan barat;
b. bentangan panjang Sungai Mekong memisahkan Thailand dari Laos ke utara dan timur;
c. dan Sungai Mekong dan Dongrak Pegunungan menggambarkan perbatasan Kamboja ke timur.

Negara ini mempunyai luas sekitar 514.000 kilometer persegi (200.000 mil persegi), Thailand adalah negara ke-50 terbesar di dunia, yang paling hampir sama dalam ukuran  Spanyol. Terletak hanya 15 derajat utara khatulistiwa, Thailand memiliki iklim tropis dan suhu biasanya berkisar 19-38 derajat C (66-100 F); hujan jatuh mendominasi dari Mei hingga Juli dan suhu lebih dingin, cuaca kering terjadi sekitar November dan Desember. Meskipun secara batas-batas geografis Thailand  termasuk dalam kawasan tropis,tapi empat daerah utama yang berada di Thailand masing-masing memiliki ciri-ciri geografis berbeda satu sama lain.

Di sepanjang  barat Thailand berbatasan dengan Myanmar, terbentang pegunungan berhutan dari Thailand dengan ketinggia puncak pada 2565 meter (8415 kaki) pegunungan ini dinamakan Doi Inthanon. Puncak utara Thailand terdapat satwa liar dan memiliki musim dingin paling keren Thailand.

Bagian timur laut Thailand secara geografi berbatasan dengan  Laos di Sungai Mekong. fitur Khorat Plateau membentang ke arah selatan perbatasan Thailand dengan Kamboja. The Isan yang berada di wilayah Timur Laut Thailand adalah wilayah terpadat di Thailand (dengan pengecualian Bangkok) dan memiliki sejumlah tempat ramai di  ibukota provinsi.

Geografi interior Thailand didominasi oleh Plains Tengah, "Rice Bowl Asia," di mana Sungai Chao Phraya mengalirkan air kepada sawah yang luas dan kemudian memasuki ibukota ramai Bangkok sebelum tumpah ke Teluk Thailand.

Bagian bawah yang merupakan  semenanjung Malaysia, dan membentuk belalai  ramping gajah figuratif memisahkan Laut Andaman dari Teluk Thailand,itulah yang membuat  Thailand  dikelilingi dengan pantai dan pulau-pulau di sepanjang pantai yang berlawanan. Setelah, teluk-teluk kecil terlindung dari Tanah Genting Kra sempit yang pelabuhan penting di sepanjang kuno, rute perdagangan strategis; pantai di pulau Phuket dan Koh Samui sama-sama penting sebagai tujuan wisata, karena kedua pantai juga mengandung banyak wisata sejarah serta taman nasional, cagar alam, dan hutan yang spektakuler, air terjun, dan pantai.

Secara administrasiThailand terbagi menjadi 76 provinsi politik, dengan Bangkok yang berfungsi sebagai pusat politik, komersial, industri, pendidikan, dan hiburan dari negara.

disadur dari http://www.tourismthailand.org/Thailand/geography

Tidak ada komentar:

Posting Komentar