Kamis, 27 Juni 2013

alhamdulillah "Juara 1 artikel KOPMA UNNES 2013" 19 Mei 2013





Membangun Jati Diri Saat Momentum
Momentum hari jadi Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang sudah selayaknya menumbuhkan semangat baru untuk Kopma Unnes sendiri. Semangat baru untuk meembuat kopma menjadi lebih baik dari sebelumnya.Lebih baik dalam sudut pandang koperasi yaitu lebih memajukan kesejahteraan mahasiswa sebagai anggota.Mengingat belum banyak anggota yang merasa sejahtera, atau hanya sebagian kecil anggota yang merasakan atmosfer dari manfaat Kopma itu sendiri. Maka, perlu adanya langkah awal untuk menjadikan Kopma lebih baik.
Banyak langkah yang dapat dilakukan untuk membuat kopma menjadi lebih baik,namun langkah yang mendasar yaitu kembali membangun jati diri kopma yang sesungguhnya.Banyak orang bijak mengatakan bahwa orang yang berhasil biasanya adalah orang yang jauh mengenal dirinya sendiri daripada orang lain.Orang yang punya tujuan yang jelas serta tahu peran untuk mencapai tujuan tersebut.Ternyata, perkataan bijak ini tidak hanya berlaku untuk seseorang saja, namun juga untuk kelompok atau suatu golongan tertentu termasuk koperasi mahasiswa.
Kita tidak akan bisa membangun kalau tidak tahu apa yang harus dibangun.Untuk itu, kita harus tahu terlebih dahulu apa yang menjadi jati diri koperasi mahasiswa agar kita bisa dengan mudah membangunnya.Cara yang bisa dilakukan untuk mengetahuinya adalah dengan mengetahui peran koperasi mahasiswa.Menurut Muslimin Nasution, mantan Menteri Pertanian di Kabinet Reformasi Pembangunan pada saat Munas Kopma VIII yang diadakan Forum Komunikasi Mahasiswa Indonesia di Malang pada tahun 2002,peran kopma antara lain adalah menjadi moral force (gerakan moral) yang menampung aspirasi masyarakat,sekaligus sebagai lembaga advokasi dari gerakan koperasi untuk menentukan kebijaksanaan pemerintah yang secara kaffah berpihak kepada ekonomi rakyat.
Kopma lewat potensi dirinya juga memiliki kemampuan mengisi segi kelemahan koperasi dari sumber daya manusia dan iptek.Sehingga, mampu meningkatkan peran sertanya dalam efisiensi dan produktivitas koperasi dalam pembangunan ekonomi nasional.Selain itu, kopma bersama masyarakat kampus dan masyarakat lainnya dapat semakin menemukan jati dirinya sebagai pelaku koperasi andal yang bermutu, menyejahterakan dan mandiri.Dari pendapat tersebut kita semakin jelas mengetahui jati diri Kopma.
Selain itu,agar jati diri Kopma bisa terbangun Kopma juga harus dapat mewujudkannya melalui proses pengembangan daya tarik bagi penguasa, pelaku bisnis dan pengusaha dari daerah lain terutama daerah sekitar Kopma sendiri. Salah satu caranya yakni lewat pendekatan dengan mengajak pimpinan dan para pengusaha untuk melakukan kegiatan dan bisnis di lingkungan kampus dengan sekaligus mengaitkannya dengan bisnis masyarakat sekitar yang ada di sekitar kampus. Sehingga, bentuk nyata dari adanya Kopma dapat dirasakan oleh semua civitas kampus bahkan masyarakat sekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar