Kamis, 19 Maret 2015

Hari Air Sedunia :)

HARI AIR? APA SIH?
Hari Air Sedunia, diperingati setiap tanggal 22 Maret, sejak diumumkan pada Sidang Umum PBB ke-47, di Rio de Jeneiro, Brazil, pada pada 22 Desember 1992.Hari Air Sedunia (World Day for Water) adalah perayaan yang ditujukan sebagai usaha-usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Air_Sedunia)
Sejarah
Secara formal hari air sedunia ini diajukan dalam agenda 21 pada pertemuan di Rio de Janeiro, Brazil di tahun1992 oleh badan PBB yang mengurusi lingkungan dan pembangunan (UNCED — United Nations Conferece on Environment and Development).
Isu tersebut terus bergulir dan berkembang dan menjadi perhatian serta mendapat dukungan dari publik sampai saat ini. Di saat inipun Hari Air Seduinia menjadi trend popular di kancah jejaring sosial.
PBB dan anggotanya, termasuk Indonesia, menyerukan penetapan Hari Air Sedunia ini, dan merekomendasikannya untuk dipromosikan lewat kegiatan kegiatan nyata. Setiap tahunnya, salah satu lembaga dunia yang berkecimpung dalam isu isu air memprakarsai dan mengkoordinasi kegiatan internasional untuk Hari air Sedunia.
Sejak 2003, UN-Water bertanggungjawab dalam tema, pesan, dan membidangi badan dunia berkenaan dengan Hari Air Sedunia. Salah satu anggota PBB dari Internasional NGO yang bergerak dalam isu mempromosikan air bersih dan habitat air berkelanjutan menggunakan Hari Air Sedunia sebagai waktu untuk memfokuskan perhatian publik pada krisis air saat ini. Setiap 3 tahun, sejak tahun 1997, WWC (World Water Council) menghadirkan ribuan partisipan dalam pertemuan Forum Air Dunia, selama sepekan dalam Hari Air Sedunia. Partisipan dari lembaga lembaga dan NGO menekankan bahwa isu ketersediaan air sehat bagi jutaan umat manusa dan keterkaitan gender di konsumsi air sehat bagi keluarga. (KOMPASIANA)
Nah, bagaimana dengan kita mahasiswa muslim Geografi? Hari air sedunia memang tinggal hitungan hari. Memperingati hari air bukan berarti kita tidak boleh wudhu,mandi atau minum menggunakan air tapi mulai bijak menggunakan air. Dimulai dari hal sederhana dengan tidak membuka keran lebar-lebar saat wudhu. Bukankah Allah tidak menyukai sesuatu yang berlebih-lebihan? Yu ingat lagi Q.S Al-A’raf ayat 31.
So, jadilah khalifah bumi yang menjaga kelestarian bumi. Bukankah air juga bagian dari bumi? Selamat Hari Air sedunia 2015 , salam ukhuwah dari FSIG J  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar